KEGIATAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT ( PPKM) BERSKALA MIKRO DESA LEDOKDAWAN KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN

Pemerintah kabupaten Grobogan Telah melaksanakan sosialisasi PPKM berskala mikro. Adapun tujuan PPKM beskala mikro adalah untuk pencegahan serta penanganan Covid 19 sampai di tingkat Rukun Tetangga ( RT ) di semua wilayah Kabupaten Grobogan.  Terkait  pelaksanaan PPKM bersakala mikro , Pemerintah Desa Ledokdawan  melaksanakan sosialisasi  di tingkat desa yang melibatkan unsur pemerintah desa ,unsur BPD, Unsur Kesehatan,Kepala Dusun ,Rukun Warga ,Rukun Tetangga ,Tomas ,Toga  ,PKK serta Karang Taruna.  Adapaun Desa Ledokdawan terdiri dari 9 dusun,48  Rt  serta ada Puskesmas.

foto kepala desa, perangkat desa , bhabinkamtibmas,serta babinsa desa ledokdawan dalam pelaksanaan ppkm besrskala mikro

Pelaksanaan Sosialisasi di Balai desa Ledokdawan juga melibatkan dari unsur Bhabinkamtibmas  dan Babinsa ,unsur kesehatan dari puskesmas serta Pendamping Lokal Desa ( PLD ) sebagai mitra. Diharapkan dengan sosialisasi PPKM berskala mikro semua elemen masyarakat desa  Ledokdawan  bisa bersama sama  bisa memutus  rantai penyebaran covid 19 .

 Pemberlakuan  Pembatasan Masyarakat beskala mikro di tuangkan dalam Perdes Desa Ledokdawan nomor 3 tahun 2021.Untuk penanganan  terkait PPKM berskala mikro Pemerintah Desa Ledokdawan membentuk POSKO Desa Ledokdawan  . Adapun susunan Posko desa  , Kepala Desa Sebagai Ketua,  Ketua BPD sebagai wakil ketua dan di bantu 4  bidang koordinator yaitu koordinator tim pencegahan (Rt ,Rw,PKK.tomas toga ) koordinator tim penanganan  ( Tenaga kesehatan ,Rt dan Rw ),koordinator  tim pembinaan ( Satlinmas ,tomas toga )dan koordinator tim pendukung ( Perankat desa ).

Untuk mendukung kegiatan PPKM , Desa Ledokdawan juga menyiapkan rumah isolasi beserta pendukungnya.  Dalam pelaksanaan rutinitas di dalam posko desa  diadakan pos jaga yang stanbay yang siap melayani aduan masyarakat serta menangani terkait covid 19 di desa Ledokdawan. Pelaksanaan Posko desa juga di pantau dari Polres setempat. Didalam posko desa juga di sediakan Peralatan kesehatan antara lain handsanitiser ,Alat pengukur suhu tubuh ( thermogun ),Alat spryer juga masker  dan lain lain.